Ada yang Baru dari Microsoft Corp.

Microsoft akan luncurkan Windows 8

Microsoft dikabarkan bakal segera merilis versi trial sistem operasi Windows 8 yang telah dikembangkan dengan dua tampilan (user interface). Pertama, diperuntukkan bagi PC desktop dan satunya lagi untuk perangkat layar sentuh.

Windows 8 bakal mampu berjalan di mesin yang beragam karena memiliki persyaratan sistem yang sama atau lebih rendah dari Windows 7. Windows 8 dirancang sebagai sistem operasi tunggal yang bisa jalan di platform apa pun dengan ukuran layar bervariasi, baik yang mendukung layar sentuh maupun bukan. Windows 8 rencananya bakal dirilis pada tahun 2012.
Microsoft Windows 8 bisa dijalankan oleh tablet, desktop, maupun notebook buatan Dell, Asus, Quanta Computer. Bahkan, sistem tersebut untuk menunjukkan bahwa Windows 8 berjalan di perangkat berbasis chip ARM, Qualcomm, Texas Instruments, maupun NVidia.
Tampilan userinterface Windows 8 lebih mirip Windows Phone 7 dengan menu-menu yang tampil dalam bentuk susunan kotak-kotak ketimbang ikon pada Windows di desktop. Software tersebut bisa digunakan untuk desktop sekaligus untuk tablet. Windows 8 merupakan perubahan sistem operasi terbesar yang dilakukan sejak Windows 95.
Tampilan antarmuka dari Windows 8 ini untuk menutupi kesenjangan antara pengguna PC konvensional, dengan pengguna tablet yang lebih banyak berbasis pada layar sentuh. Pembuatan OS baru ini menjadi lebih mudah bagi layar sentuhnya, dengan menghadirkan tombol besar pada tiap aplikasinya. Pengembang akan mendapat kode Windows 8 untuk menjalankan aplikasi menggunakan HTML5 dan JavaScript. Itu akan mengaburkan perbedaan antara software lokal dan aplikasi web.
Selain itu, user interface Windows 8 juga menampilkan desain Metro yang digunakan pada Windows Phone. User interface menampilkan jam dan hari, termasuk ikon power management dan kemudahan akses ke aplikasi.
Di Windows 8, kalau Anda mengkopi file dari satu folder ke folder lain, tidak akan ada lagi dialog box bertebaran di mana-mana. Microsoft punya tampilan baru dalam hal kopi-mengkopi, memindahkan dan menghapus file.
Headline
Diberitakan Seattle Times, kalau Anda melakukannya pada beberapa file sekaligus, dialog box yang terbuka hanya ada satu. Dan pada satu dialogbox itu, semua proses kopi tampil sekaligus. Pengguna bisa pause, resume atau menghentikan proses mengkopi. Kecepatan transfer data juga tampil real time di dialog box itu. Menu opsi pun tak ada lagi, digantikan dengan satu checkbox untuk mengontrol masing-masing proses.
Waktu booting Windows 8 hanya dalam waktu 8 detik, setelah didemokan oleh Microsoft. Waktu start yang super cepat ini dipadu dengan sebuah teknologi hybrid hibernasi atau pilihan shut down yang menyimpan kernel session Windows 8, yang kemudian mengurangi waktu proses yang dibutuhkan mesin untuk siap digunakan.
Tidak seperti pilihan hibernasi di Windows 7, Windows 8 ketika shut down tidak akan menyimpan program yang sedang dibuka user, sehingga user akan mendapat fresh start setiap saat.  Windows 8 akan hadir untuk slate, tablet PC di 2012, ketika diadakannya Microsoft Developers Forum di Jepang, Mei mendatang.
Dibandingkan full hibernate, yang memakan banyak memory karena banyaknya aplikasi yang sedang digunakan, session 0 hibernation data jauh lebih kecil dan memakan waktu lebih sedikit untuk menulis ke harddisk. Jika user tidak familiar dengan hibernation, Microsoft menyimpan status system dan content memory ke sebuah file di disk (HIBERFIL.SYS) dan kemudian membacanya kembali dalam kondisi resume dan mengembalikan content kembali ke memory.
 
Sumber :
(LYA/red)
 

No Response to "Ada yang Baru dari Microsoft Corp."

Posting Komentar

Powered by Blogger