Uraian Singkat About Java Programing Language

Uraian Singkat Tentang Java Programing Language



Apa sih JAVA itu ?

Java adalah suatu bahasa pemrograman dari sekian banyak bahasa pemrograman seperti C++,C,FORTRAN,Assembly,BASIC,COBOL,SIMULA,LISP,Algol,Ada,Objective
C,Eiffel,SmallTalk, Pascal, Perl, Phyton, PHP, Visual Basic dan lainnya. JAVA adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi berbasis Object Oriented
dan sekaligus sebagai platform yang dibuat berdasarkan kemampuan-kemampuan terbaik dari bahasa pemrograman berbasis Object Oriented sebelumnya seperti C++, C, LISP, SIMULA, Algol, Ada, Objective C, SmallTalk, Eiffel. 
JAVA merupakan bahasa pemrograman yang memuat paradigma masa depan yang dirancang handal dengan berbagai fitur-fitur bawaan dan mempunyai tingkat security lumayan aman. Selai sebagai suatu bahasa pemrograman Java juga sebagai suatu Development Environment menyediakan berbagai tools seperti compiler, interpreter, dokumentasi, paket kelas dll. Java juga berperan sebgai suatu Aplikasi maksudnya Java dapat dijalankan pada setiap mesin yang memiliki Java Runtime Environment. 
Java sebagai suatu Deployment Environment memiliki 2 komponen pertama yaitu Java Runtime Environemt yang terdapat pada J2SDK, berisi seluruh teknologi Java seperti kelas-kelas dasar Java, GUI dll. Komponen yang lain terdapat pada Web browser. Hampir seluruh web browser mempunyai teknologi runtime environment dan interpreter dari Java. 

Sejarah singkat mengenai JAVA Pada tahun 1991 sekelompok insinyur dari Sun Microsystem yang diketuai oleh Partrick Naughton dan James Gosling yang berkeinginan menciptakan bahasa pemrograman sederhana dan dapat dijalankan pada peralatan sederhana sehingga bahasa itu haruslah mempunyai ukuran yang kecil dan netral terhadap platform/arsitektur mesin. Proyek itu diberi kode ‘Green’. Kebutuhan akan fleksibilitas, ukuran yang kecil, dan netral terhadap platform/arsitektur mesin manapun mengantarkan Partick Naughton, James Gosling dan timnya untuk menggunakan suatu mesin maya (Vitrual Machine) yang diciptakan oleh perancang bahasa pemrograman Pascal yaitu Niklaus Wirth, mesin maya ini dapat dijalankan disemua platform yang memiliki interpreter sehingga tim Green menggunakannya untuk mengatasi isu tentang netral terhadap arsitektur mesin. Kebanyakan anggota tim adalah para master C++ sehingga kebanyakan sintax dalam JAVA mirip dengan sintax yang digunakan pada C++ dan mengadopsi object oriented startegy bukan top-down strategy mulaya bahasa yang diciptakan diberi nama “OAK” oleh James Gosling yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon didekat kantornya, sayangnya nama “OAK” adalah nama yang sudah dipakai oleh bahasa pemrograman lain sebelumnya oleh karena itu SUN mengubah nama “OAK” menjadi “JAVA” yang terinspirasi ketika mereka minum kopi disebuah kedai kopi dan tak sengaja seorang dari mereka menyebut “JAVA” yang berarti “asal bijih kopi”. 

Produk pertama proyek Green adalah Star 7 (*7), sayangnya produk ini kurang diminati oleh konsumen. Tim Green menyadari bahwa Java juga dapat digunakan pada teknologi yang berbasis web sehingga pengembangan berikutnya mengarah pada teknologi web. Sun kemudian meluncurkan browser dari JAVA yang mampu menjalankan Applet. Setelah itu teknoloi Java mulai diadopsi oleh Netscape diikuti oleh Internet Explorer, kemudaian Java mulai menjadi sesuatu yang menarik bagi para vendor seperti IBM, Symantec dll. 

Sun merilis versi awal Java secara resmi pada tahun 1996 dan terus dikembangkan sampai akhirnya mucul JDK 1.1 kemudian JDK 1.2 yang disebut pula sebagai Java 2 karena mengandung banyak perubahan dan perbaikan signifikan yaitu munculnya Swing. Swing merupakan teknologi GUI(Graphical User Interface) yang mampu menghasilkan window yang portable. Pada tahun 1998-2000 lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis J2SE 3 diawali Servlet,EJB kemudian JSP. Java cepat menjadi populer dilingkungan server side karena kelebihannya dalam networking, distribusi dan multithreading, sedangkan J2ME dapat menghasilkan games dan software yang dapat dijalankan pada mobile seperti Handphone. 

Java telah mengakomodir hampir seluruh fitur-fitur penting bahasa pemrograman berbasis object oriented semenjak awal perkembangan komputasi modern manusia. 
• Dari SIMULA : Java mengadopsi bentukan-bentukan dasar pemrograman berbasis object oriented. 
• Dari LISP : Java mengadopsi teknologi garbage collection dan generic list processing. • Dari Algol : Java meniru struktur kendali. 
• Dari C++ : Java menyadur sintax dan sebgian semantiks dan exception handling. 
• Dari Ada : Java mengambil Strongly type dan exception handling. 
• Dari Objective C : Java menyadur fasilitas Interface. 
• Dari SmallTalk : Java mengadopsi pendekatan single-root class hierarchie. 
• Dari Eiffel : Java meniru fasilitas assertion yang mulai diterapkan pada JDK 1.4 .

No Response to "Uraian Singkat About Java Programing Language"

Posting Komentar

Powered by Blogger